10 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Di Kesehatan 155 views
banner 728x90

Khasiat Bawang Merah – Siapa yang tidak mengenal bawang merah? Tanaman yang satu ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bumbu pelengkap masakan di seluruh Dunia. Bawang merah dapat memberi cita rasa pada masakan dan memberi aroma pada setiap masakan. Namun dibalik itu semua, ternyata bawang merah memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh yang baik. Mangapa demikian? Karena dalam bawang merah terkandung senyawa dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Nah, apa saja khasiat yang terdapat dalam bawang merah?

Berikut 10 khasiat bawang merah bagi kesehatan manusia yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencegah Kanker

Jika kita secara rutin mengkonsumsi bawang merah, maka dengan kata lain kita sudah mencegah untuk terserang kanker. Bawang merah sendiri memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Zat inilah yang dapat meminimalisir resiko tubuh untuk terserang kanker mencapai 50 persen.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung, pada sebiji bawang merah tersimpan banyak senyawa Kromium yaitu sebuah senyawa kimia yang bisa menanggulangi resiko terserang penyakit jantung karena sebuah komplikasi dari masalah diabetes. Maka dengan kata lain, jika tubuh mendapat asupan zat tersebut secara teratur, tentu akan baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan Quercetin pada bawang merah dapat melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, mengatasi infeksi akibat jamur, dan mencegah peradangan. Disini Anda cukup mengkonsumsi makanan yang berbahan bawang merah secara teratur. Sifat kandungan dalam bawang merah juga mengobati influenza yang hadir saat musim dingin dengan baik.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bawang merah juga dapat mengontrol kadar gula darah yang menyebabkan diabetes. Disini bawang merah akan menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, cukup dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin saja. Kandungan Kromium dan mineral pada bawang merah dapat mengurangi resistensi kadar insulin.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh para peneliti dari Journal Of National Cancer Institute menyebutkan jika seorang pria mendapat asupan allium secara rutin dan penuh, maka memiliki resiko sangat rendah untuk terkena kanker prostat. Bawang merah tinggi akan zat allium, jadi dapat disimpulkan jika bawang merah mampu mencegah kanker prostat.

  1. Mengatasi Enfogus dan Kanker Perut

Kandungan yang dimiliki oleh bawang merah yakni senyawa allium berguna dalam menghambat berkembangnya tumor dalam tubuh. Senyawa aliium juga mampu mencegah datangnya kanker perut.

  1. Mengobati Sembelit

Konsumsi bawang merah mentah merupakan salah satu cara untuk mengobati sembelit atau kontipasi secara alami. Dalam bawang merah terkandung serat yang bermanfaat untuk membersihkan racun dan pertikel makanan yang bersifat mengeras dalam usus.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah perut kembung pada anak-anak. Caranya mudah, Anda cukup mengambil bawang merah lalu bersihkan dan tumbuk menjadi halus. Bawang merah yang halus tadi campurkan dengan minyak telon, kemudian balurkan pada perut anak terutama pada bagian pusarnya.

  1. Mengatasi Batuk

Jika anggota keluarga sedang ada yang terserang batuk dan belum berobat, tidak perlu khawatir karena dapat kita obati dengan bawang merah. Caranya cukup parut bawang merah, lalu tambahkan sedikit minyak telon dan balurkan pada sekujur punggung dengan teknik diurut atau pijat.

  1. Mengatur Tidur dan Suasana Hati

khasiat bawang merah bagi kesehatan manusia yang terakhir adalah mengatur tidur dan suasana hati menjadi lebih tenang. Bagi Anda yang sedang resah atau galau, dapat kita atasi dengan mudah yakni menggunakan bawang merah. Kandungan senyawa folat dapat mengatasi kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Zat ini juga mampu mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Senyawa homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan morepinephrine yang mampu mengatur suasana hati. Selain itu hormon tersebut dapat menjaga kualitas tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

 

banner 728x90
14 Khasiat Pala Untuk Kesehatan Tubuh
14 Khasiat Pala Untuk Kesehatan Tubuh
14 Khasiat Pala Untuk Kesehatan Tubuh – Semua
Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
10 Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan pesan "10 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan"

Baca Juga×

Top